TAHAP MEMBACA
Tahap Perkembangan Membaca menurut
Cochorane Brewer (Tadkiroatun Musfiroh, 2009) adalah sebagai
berikut
a.
Tahap Magic
Pada tahap ini belajar tentang guns
buku, mulai berpikir bahwa buku adalah
sesuatu yang penting. Anak melihat-lihat buku, membawa-bawa buku dan sering melihat buku-buku favorit.
b.
Tahap Konsep Diri
Anak melihat diri sendiri sebagai
pembaca, mulai terlihat dalam kegiatan "pura-pura membaca", mengambil makna
dari gambar, membahasakan buku walaupun tidak cocok dengan teks yang ada dalam buku.
c.
Tahap Pembaca Antara
Anak-anak memiliki kasadaran terhadap bahan cetak. Mereka
mungkin memilih kata yang sudah di kenal, mencatat kata-kata yang berkaitan dengan didirinya, dapat membaca ulang
cerita yang telah ditulis, dapat membaca
puisi.
d.
Tahap, Lepas Landas
Pada tahap,
ini anak-anak mulai menggunakan sistem tanda/ciri, yakni grafofonik, sematik dan
sintaksis. Mereka mulai bergairah membaca, mulai mengenali huruf dari
konteks, memperlihatkan lingkungan huruf cetak dan membaca apa pun disekitarnya.
e.
Tahap Independen
Anak dapat membaca buku yang tidak dikenalnya secara
mandiri, mengkonstruksi makna dari
huruf dan dari pengalaman sebelumnya dan isyarat
menulis. Anak dapat membuat perkiraan tentang materi bacaan.
3)
Aspek-Aspek Membaca
Menurut Broughton (Tarigan, 1985: 75)
bahwa ada dua aspek penting dalam membaca, yaitu:
a. Keterampilan
yang bersifat mekanis yang dapat dianggap berada pads urutan yang lebih rendah. Aspek
ini mencakup:
1.
Pengenalan bentuk huruf
2.
Pengenalan unsur-unsur
linguistic (fonem/grafem, kata, frase, pola bahasa, kalimat d1l)
3.
Pengenalan hub ungan/korespodensi pola ejaan
dan bunyi (kemampuan menyuarakan bahan tertulis)
4.
Kecepatan membaca bertaraf lambat.
b. Keterampilan yang bersifat pemahaman yang dapat dianggap
berada pads urutan yang lebih tinggi. Aspek ini mencakup:
1.
Memahami pengertian sederhana (leksikal,
gararnetikal, retorikal)
2.
Memahami signifikasi
atau makna yaitu maksud dan tujuan pengarang, relevansi/ keadaan
kebudayaan, reaksi pembaca)
3.
Evaluasi dan penelitian.
4.
Kecepatan membaca yang
fleksibel yang mudah disesuaikan dengan keadaan.
0 komentar :
Post a Comment