TAHAP MEMBACA

Sunday, 28 April 2013

TAHAP MEMBACA




Tahap Perkembangan Membaca menurut Cochorane Brewer (Tadkiroatun Musfiroh, 2009) adalah sebagai berikut

a.    Tahap Magic
Pada tahap ini belajar tentang guns buku, mulai berpikir bahwa buku adalah sesuatu yang penting. Anak melihat-lihat buku, membawa-bawa buku dan sering melihat buku-buku favorit.

b.    Tahap Konsep Diri
Anak melihat diri sendiri sebagai pembaca, mulai terlihat dalam kegiatan "pura-pura membaca", mengambil makna dari gambar, membahasakan buku walaupun tidak cocok dengan teks yang ada dalam buku.
c.    Tahap Pembaca Antara
Anak-anak memiliki kasadaran terhadap bahan cetak. Mereka mungkin memilih kata yang sudah di kenal, mencatat kata-kata yang berkaitan dengan didirinya, dapat membaca ulang cerita yang telah ditulis, dapat membaca puisi.
d.    Tahap, Lepas Landas
Pada tahap, ini anak-anak mulai menggunakan sistem tanda/ciri, yakni grafofonik, sematik dan sintaksis. Mereka mulai bergairah membaca, mulai mengenali huruf dari konteks, memperlihatkan lingkungan huruf cetak dan membaca apa pun disekitarnya.
e.    Tahap Independen
Anak dapat membaca buku yang tidak dikenalnya secara mandiri, mengkonstruksi makna dari huruf dan dari pengalaman sebelumnya dan isyarat menulis. Anak dapat membuat perkiraan tentang materi bacaan.

3) Aspek-Aspek Membaca
Menurut Broughton (Tarigan, 1985: 75) bahwa ada dua aspek penting dalam membaca, yaitu:
a.  Keterampilan yang bersifat mekanis yang dapat dianggap berada pads urutan yang lebih rendah. Aspek ini mencakup:
1.    Pengenalan bentuk huruf
2.    Pengenalan unsur-unsur linguistic (fonem/grafem, kata, frase, pola bahasa, kalimat d1l)
3.    Pengenalan hub ungan/korespodensi pola ejaan dan bunyi (kemampuan menyuarakan bahan tertulis)
4.    Kecepatan membaca bertaraf lambat.
b. Keterampilan yang bersifat pemahaman yang dapat dianggap berada pads urutan yang lebih tinggi. Aspek ini mencakup:
1.    Memahami pengertian sederhana (leksikal, gararnetikal, retorikal)
2.    Memahami signifikasi atau makna yaitu maksud dan tujuan pengarang, relevansi/ keadaan kebudayaan, reaksi pembaca)
3.    Evaluasi dan penelitian.
4.    Kecepatan membaca yang fleksibel yang mudah disesuaikan dengan keadaan.

0 komentar :

Post a Comment