PENGERTIAN MEMBACA PERMULAAN

Sunday 28 April 2013

PENGERTIAN MEMBACA PERMULAAN




Membaca permulaan (dini) ialah membaca yang diajarkan secara terprogram (secara Formal) kepada anak pra sekolah. Dimana pengajaran membaca secara umum dapat dibagi kedalam dua tahap yaitu pengajaran membaca permulaan dan pengajaran membaca lanjutan.
            Adapun menurut Darwadi (2002) menyatakan bahwa:

Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal symbol-simbol atau tanda-tanda yang berkaitan dengan huruf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permulaan.

Sedangkan tahap membaca lanjutan menurut (Amin, 1995: 211) "Membaca lanjutan adalah anak tidak sekedar mengenal symbol atau tanda-tanda tapi sudah mempergunakannya untuk membaca kata atau kalimat sehinnga anak memahami ape yang di bacanya. "
Membaca permulaan merupakan saat kritis dan strategic di kembangkannya kemampuan membaca tanpa teks yaitu membaca dengan cars menceritakan gambar situasional yang tersedia. Pengembangan yang tepat pads membaca permulaan ini perlu sekali, biasanya yang paling cocok dan sesuai alarn anak yaitu membaca sambil bermain misalnya membaca menggunakan permainan kartu kata bergambar.
Adapun menurut Shodiq (1996: 126) menyatakan bahwa "Membaca permulaan merupakan tahap membaca permulaan yang lebih diarahkan kepada membaca".
Pada tahap membaca permulaan anak membaca huruf atau kata tidak lagi terlalu tergantung pads lingkungan tetapi pads saat tiba mass peke anak yaitu anak usia 6 tahun atau 7 tahun bagi anak normal. Pada tahap membaca ini kemandirian anak pads saat membaca mulai ada tetapi anak belum bisa di lepas sepenuhnya saat membaca kata atau kalimat untuk itu tahap ini masih perlu ada bantuan yang diberikan oleh guru atau orang tua kepada anak melalui berbagai latihan terbimbing.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa membaca permulaan merupakan tahap awal anak belajar membaca dengan focus ada pengenalan simbol-simbol huruf dan aspek-aspek yang mendukung pada kegiatan membaca lanjutan. Oleh karena itu pengajaran remedial pada membaca permulaan memiliki peranan penting untuk mengatasi kesulitan-kesulitan membaca yang dihadapi oleh anak.

1 comment :

  1. jazakallohu khoir untuk ilmunya , alhamdulillah sangat bermanfaat bagi saya...

    ReplyDelete