PENTINGNYA MEDIA

Sunday 28 April 2013

PENTINGNYA MEDIA




Media memegang peran yang sangat penting dalam pembelajaran. Alat peraga merupakan media pembelajaran di mana media merupakan alat yang sangat penting untuk selalu dihadirkan dalam setiap kegiatan:

a.    Penggunaan alat peraga yang membantu untuk mempedelas pembahasan setiap pokok materi sangat penting, seperti alat peraga grafts, model atau alat peraga yang diproyeksikan. Kesemuanya harus disiapkan sebelumnya.
Alat ini digunakan empat fase (1) pads waktu guru menjelaskan bahan kepada siswa (2) pads waktu guru menjawab pertanyaan siswa, (3) pads waktu guru mengajukan pertanyaan kepada siswa atau pads waktu memberi tugas, (4) digunakan siswa pads waktu kegiatan belajar.
Guru tidak hanya dituntut bisa dan mampu mengunakan alat peraga tetapi dituntut jugs untuk bisa mengadakan alat peraga sederhana. Alat peraga bisa didapatkan tanpa harus membeli. Guru dapat membuat sendiri diambil dari bahan sisa yang dibuat sederhana mungkin sehingga bentuknya menarik perhatian anak.
Anak dapat menerima sesuatu konsep dengan lebih mudah karena disertai contoh yang nyata, karena pads anak pads usia dini berada dalam fase berpikir konkrit.
b.         Prinsip pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar di Taman Kanak-kanak menganut prinsip belajar seraya bermain atau bermain seraya belajar. Karena 12
dunia anak adalah dunia bermain. Kegiatan bermain dengan mempergunakan metode belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan, minas dan kemampuan anak.
Prinsip bermain seraya belajar menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian, kemampuan, memilih dan menumbuhkan motivasi untuk belajar. Oleh karena itu, guru bertindak sebagai fasilitator dapat membangkitkan suasana dan lingkungan yang menyenangkan dan bermakna bagi anak.
c. Prinsip mengajar.
Di camping perlunya guru menetapkan model mengajar yang dipandang tepat, proses belajar mengajar memerlukan upaya guru yakni pengunaan prinsip mengajar seperti motivasi, kooperasi, kompetensi dan integrasi.

0 komentar :

Post a Comment