PENGERTIAN MEDIA

Sunday 28 April 2013

PENGERTIAN MEDIA




Media adalah kata, jamak dari medium yang berasal dari kata latin memiliki arti perantara (between). Secara defenisi media adalah suatu perangkat yang dapat menyalurkan informasi dari sumber ke penerima informasi.
Menurut Azhar Arsyad (2000: 4), "Media adalah komponen sumber atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional dilingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar".


Sedangkan Gerlach dan Ely (1971: 3), mengatakan bahwa "Media adalah difahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang mernbangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap".
Dalam pengertian ini guru, buku paket, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafik, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
Dalam pengertian bahasa, media berarti sarana atau alat. Dan setiap proses belajar mengajar ditandai dengan adanya beberapa unsur, antara lain tujuan, bahan, metode dan alat serta evaluasi. Dalam proses belajar mengajar unsur metode dan alat merupakan satu unsur yang tidak bisa dilepaskan dari lainnya, karena unsur tersebut mengantarkan bahan pelajaran kepada tujuan. Jadi semua yang berhubungan dengan TK mulai dari pengelolaan ruang, alat peraga, teknik, bahan dan guru pun merupakan media.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa media merupakan suatu komponen sumber yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap"

0 komentar :

Post a Comment