MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN

Sunday, 28 April 2013

MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN




Manfaat media dalam kegiatan pembelajaran tidak lain adalah mempelancar proses belajar mengajar antara guru dengan siswa, dalam hal membantu siswa belajar secara, optimal. Tetapi disamping itu ada beberapa manfaat yang lebih khusus.

            Kemp dan Dayton (Martinis Yasmin, 2007:    201) mengidentifikasikan tidak kurang dari delapan manfaat media dalam pembelajaran , yaitu:
a. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan; b. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik; c. Jumlah waktu belajar mengajar dapat dikurangi; d. Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan; e. Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja; f Sikap positif siswa terhadap bahan pelajaran maupun terhadap proses belajar itu sendiri dapat ditingkatkan; g. Peran guru dapat berubah kearah yang lebih positif dan produktif.
b. Gambar
Media visual yang sering digunakan dalam penyampaian media belajar adalah gambar. Gambar dapat memberikan nilai yang sangat berarti terutama dalam membentuk pengertian baru dan untuk memperjelas pengertian baru dan untuk memperjelas pengertian tentang sesuatu.
Menurut sudjana (2001:12 www.Google.com/group http//www.latf.edu) tentang bagaimana siswa belajar melalui gambar- gambar adalah sebagai berikut :

1.      Ilustrasi gambar merupakan perangkat tingkat abstrak yang dapat ditafsirkan berdasarkan pengalaman melalui penafsiran kata-kata; 2. Ilustrasi gambar merupakan perangkat pengalaman yang dapat menarik minas belajar siswa secara efektif-, 3.Ilustrasi gambar membantu para siswa membaca terutama dalam penafsiran dan mengingat-ingat; 4. Dalam booklet pads umumnya anak-anak lebih menyukai setengah penuh bergambar; 5. Ilustrasi gambar isinya hares dikaitkan dengan kehidupan agar minas para siswa menjadi efektif, 6. Ilustrasi gambar isinya hendak di tats sedemikian rupa sehingga tidak bertentangan dengan gerakan mats dan pengamat dan bagian-bagian yang paling penting dari ilustrasi itu hares dipusatkan pads bagian sebelah kiri atas medan gambar.

Keefektifan menggunakan alas bantu gambar dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil. penelitian Spaulding (Soepamo, dkk, 1998: 25, www.Google.com/group http//www.latf.edu) menguraikan tentang bagaimana cars siswa belajar melalui gambar sebagai berikut:

1.      Gambar merupakan perangkat pengajaran yang dapat menarik minat siswa secara efektif; 2. Gambar harus dikaitkan dengan kehidupan nyata agar minat siswa menjadi efektif; 3. Gambar membantu siswa membaca buku pelaiaran tenitama dalam menafsirkan dan mengingat isi materi pokok.

Anak selalu dilatih untuk kreatif, tapi masih banyak sekali guru yang sama sekali belum memulai kreatifitas itu sendiri dalam mengajar. Alat peraga yang monoton sama sekali tidak mampu memberikan days pikat pads anak. Padahal hanya dengan berbekal gambar sederhana pun semestinya bisa mengatasi masalah. Karena gambar bukanlah lukisan untuk bisa menggambar, tidaklah harus berbekal bakat.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa gambar merupakan suatu ilustrasi, gambar adalah goresan atau torehan atau symbol yang dapat menarik perhatian dan memberikan penjelasan kepada anak didik, misalriya denah, pets, grafik dan sejenisnya.
c. Media Gambar
Media gambar adalah media yang paling disukai dan umum dipakai. Hal ini karena siswa lebih menyukai gambar daripada tulisan, apalagi jika, gambar dibuat dan disajikan sesuai dengan persyaratan yang baik, sudah tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Alat peraga dapat memberi gagasan dan dorongan kepada guru dalam mengajar anak-anak disekolah. Sehingga tidak tergantung pads gambar dalam buku teks, tetapi dapat lebih kreatif dalam mengembangkan alas peraga agar murid menjadi senang belajar. Media Intervi menurut Heinrich (1981, dalam www.Google.com/groui)
http//www.latf.edu) adalah "yang media yang digunakan untuk membawa pesan dengan suatu tuivan. Jadilah kelebihan alat peraga visual khususnya sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif."
Menurut Hamalik (1994:95), "Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam bentuk due dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan, potret, fitur dan strip".
Menurut Sadiman (1996: 29),"Media gambar adalah media yang paling disukai yang merupakan bahasan umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana saja".
Sedangkan menurut Soelarko (1980: 3), "Media gambar merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam bentuk rupa Berta ukurannya relatif terhadap lingkungan".
Ada berbagai macam alat peraga visual yang secara efektif dapat digunakan oleh pare  memudahkan mengajar. Sebagian dari alat peraga visual yang kite gunakan adalah gambar-gambar, tabel­tabel, foster kartun clan bends nyata.
Gambar yang berwama-warni dapat membuat murid menjadi semangat. Gambar ini dapat menerjemahkan konsep abstrak menjadi realitis dan berwujud sehingga murid tidak hanya dapat membayangkan Baja. Dengan mengambil gambar-gambar dari Surat kabar, majalah dan kalender tentu tidak membutuhkan biaya yang banyak. Disamping itu suasana pembelajaran menjacli semakin menyenangkan. ini dapat dilakukan di semua tingkatan.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan, baliwa media gambar adalah media yang paling disukai clan perwujudan lambang dari hasil peniruan-peniruan bends, pemandangan, curahan pikiran atau ide-ide yang di visualisasikan ke dalam bentuk dua dimensi.

0 komentar :

Post a Comment