MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Manfaat media dalam kegiatan
pembelajaran tidak lain adalah mempelancar proses belajar mengajar antara
guru dengan siswa, dalam hal membantu siswa belajar secara, optimal. Tetapi disamping
itu ada beberapa manfaat yang lebih khusus.
Kemp dan
Dayton (Martinis Yasmin, 2007: 201) mengidentifikasikan tidak kurang dari
delapan manfaat media dalam pembelajaran , yaitu:
a. Penyampaian materi pelajaran dapat
diseragamkan; b. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik; c. Jumlah waktu
belajar mengajar dapat dikurangi; d. Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan;
e. Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja; f Sikap positif siswa terhadap bahan pelajaran maupun terhadap proses belajar itu sendiri dapat
ditingkatkan; g. Peran guru dapat
berubah kearah yang lebih positif dan produktif.
b.
Gambar
Media visual yang sering digunakan
dalam penyampaian media belajar adalah gambar. Gambar dapat
memberikan nilai yang sangat berarti terutama
dalam membentuk pengertian baru dan untuk memperjelas pengertian baru
dan untuk memperjelas pengertian tentang sesuatu.
Menurut sudjana (2001:12 www.Google.com/group
http//www.latf.edu) tentang bagaimana siswa belajar melalui gambar- gambar
adalah sebagai berikut :
1. Ilustrasi
gambar merupakan perangkat tingkat abstrak yang dapat ditafsirkan berdasarkan
pengalaman melalui penafsiran kata-kata; 2.
Ilustrasi gambar merupakan perangkat pengalaman
yang dapat menarik minas belajar siswa secara efektif-, 3.Ilustrasi gambar membantu para siswa membaca terutama dalam penafsiran dan mengingat-ingat; 4.
Dalam booklet pads umumnya anak-anak
lebih menyukai setengah penuh
bergambar; 5. Ilustrasi gambar isinya hares dikaitkan dengan kehidupan agar
minas para siswa menjadi efektif, 6. Ilustrasi
gambar isinya hendak di tats sedemikian rupa sehingga tidak bertentangan dengan gerakan mats dan pengamat dan bagian-bagian yang paling penting dari
ilustrasi itu hares dipusatkan pads
bagian sebelah kiri atas medan gambar.
Keefektifan menggunakan alas bantu gambar dalam proses
belajar mengajar dapat dilihat dari hasil.
penelitian Spaulding (Soepamo, dkk, 1998:
25, www.Google.com/group http//www.latf.edu) menguraikan tentang
bagaimana cars siswa belajar melalui gambar sebagai berikut:
1. Gambar merupakan perangkat pengajaran yang dapat menarik
minat siswa secara efektif; 2. Gambar harus dikaitkan dengan kehidupan nyata
agar minat siswa menjadi efektif; 3. Gambar
membantu siswa membaca buku pelaiaran tenitama dalam menafsirkan dan
mengingat isi materi pokok.
Anak selalu dilatih untuk kreatif, tapi masih banyak
sekali guru yang sama sekali belum memulai
kreatifitas itu sendiri dalam mengajar. Alat peraga yang monoton sama sekali
tidak mampu memberikan days pikat pads
anak. Padahal hanya dengan berbekal gambar sederhana pun semestinya bisa mengatasi masalah. Karena gambar
bukanlah lukisan untuk bisa menggambar, tidaklah harus berbekal bakat.
Dengan demikian penulis dapat
menyimpulkan bahwa gambar merupakan suatu
ilustrasi, gambar adalah goresan atau torehan atau symbol yang dapat menarik perhatian dan memberikan
penjelasan kepada anak didik, misalriya denah, pets, grafik dan
sejenisnya.
c.
Media Gambar
Media gambar adalah media yang paling
disukai dan umum dipakai. Hal ini karena siswa lebih menyukai gambar
daripada tulisan, apalagi jika, gambar dibuat
dan disajikan sesuai dengan persyaratan yang baik, sudah tentu akan menambah semangat siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran. Alat
peraga dapat memberi gagasan dan dorongan kepada guru dalam mengajar anak-anak disekolah. Sehingga tidak tergantung pads gambar dalam buku teks, tetapi dapat lebih
kreatif dalam mengembangkan alas
peraga agar murid menjadi senang belajar. Media Intervi menurut Heinrich
(1981, dalam www.Google.com/groui)
http//www.latf.edu)
adalah "yang media yang digunakan untuk membawa
pesan dengan suatu tuivan. Jadilah kelebihan alat peraga visual khususnya
sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif."
Menurut Hamalik (1994:95), "Media gambar adalah
segala sesuatu yang diwujudkan secara visual
kedalam bentuk due dimensi sebagai curahan
ataupun pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan, potret, fitur dan
strip".
Menurut Sadiman (1996:
29),"Media gambar adalah media yang paling disukai yang
merupakan bahasan umum yang dapat dimengerti dan dinikmati
dimana saja".
Sedangkan menurut Soelarko (1980: 3), "Media gambar
merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam bentuk rupa Berta
ukurannya relatif terhadap lingkungan".
Ada berbagai macam alat peraga visual yang secara
efektif dapat digunakan oleh pare memudahkan
mengajar. Sebagian dari alat peraga visual
yang kite gunakan adalah gambar-gambar, tabeltabel, foster kartun clan
bends nyata.
Gambar yang berwama-warni dapat
membuat murid menjadi semangat. Gambar ini
dapat menerjemahkan konsep abstrak menjadi realitis
dan berwujud sehingga murid tidak hanya dapat membayangkan Baja.
Dengan mengambil gambar-gambar dari Surat kabar, majalah dan kalender tentu
tidak membutuhkan biaya yang banyak. Disamping itu suasana pembelajaran menjacli semakin menyenangkan. ini dapat dilakukan
di semua tingkatan.
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan, baliwa media
gambar adalah media yang paling disukai clan perwujudan lambang dari hasil peniruan-peniruan bends, pemandangan, curahan
pikiran atau ide-ide yang di visualisasikan ke dalam bentuk dua dimensi.
0 komentar :
Post a Comment