PENGERTIAN GURU

Sunday 28 April 2013

PENGERTIAN GURU




Dalam dunia pendidikan, istilah guru bukanlah hal yang asing. Menurut pandangan lama, guru adalah sosok manusia yang patut digugu clan ditiru. Digugu dalam arti segala ucapannya dapat dipercayai. Ditiru berarti segala lakunya harus dapat menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat.
Menurut Sukadi (2006: 19) seorang guru dituntut mempunyai beberapa kemampuan sebagai berikut:

a.     Berwawasan luas, menguasai bidang ilmunya, dan mampu mentransper atau menerangkan kembali kepada siswa; b. Mempunyai sikap dan tingkah laku (kepribadian) yang patut diteladani sesuai nilai-nilai kehidupan yang dianut masyarakat dan bangsa; c. Memiliki keterampilan sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki.

Moh. Uzer Usman (2005: 4) mengatakan bahwa:

Guru merupakan profesi, jabatan dan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Menurutnya, jenis pekedaan ini tidak bisa Raktikan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan, meskipun kenyataan masih didapati guru yang berasal dari luar bidang kependidikan.

Guru dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik, Berta memenuhi kompetensi sebagai orang yang patut digugu dan ditiru dalam ucapan dan tingkah lakunya.
Menurut Michael Marland (Sukadi 2006: 10) "Seorang guru dapat diartikan efektif apabila la memiliki sikap penuh perhatian dan pantang menyerah, penjelasannya mudah dipahami serta, mampu mengelola kelas dengan baik".

Clara R. Pudji Jogyanti (Sukadi 2006:11) berpendapat "Guru efektif adalah guru yang dapat meningkatkan seluruh kemampuan siswa kearah yang lebih positif melalui pengajarannya".
Dikemukan oleh Adam & Decey (Uzer Usman 2005: 9) "Guru sebagai pengajar, pernimphi kelas, pembimbing, pengatur lingkungan, partisipan, ekspeditor, perencana, supervisor, motivator dan konselor".
Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa guru adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk dapat mendidik, melatih dan meningkatkan kecerdasaan anak didik, tetapi mendidik siswa memiliki mental yang baik dalam kehidupan interaksinya.

0 komentar :

Post a Comment