PERANAN PENDIDIKAN ISLAM

Saturday 8 March 2014

PERANAN PENDIDIKAN ISLAM




Betapa tidak keberadaan pendidikan Islam dengan ciri khasnya yang senantias berorientasi kepada pembentukan insan-insan yang berkeperibadian utama dan bersandar kepada ajaran Allah, adalah semangat tepat dalam kaitannya dengan usaha pembentukan manusia seutuhnya. Seperti yang telah diuraikan dalam pengertian pendidikan Islam tersebut di atas bahwa pendidikan yang merupakan bagian yang integral dalam pendidikan nasional untuk menumbuhkan, membangun dan membentuk individu anak didik menjadi insan yang berkeperibadian muslim, memilih dan memutuskan serta bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Pada dasarnya tujuan pendidikan Islam adalah sama dan diidentik dengan tujuan hidup manusia. Sebagaimana yang telah diberitakan oleh Allah SWT bahwa tujuan hidup manusia adalah untuk mengabdi kepada Allah SWT, seperti dalam firmannya surah Ads Dzariyat (51) AYAT 56:
وماخلقت  الجن  والانس  الا  ليعبدون.
Terjemahannya; Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.[1]
Jadi tujuan hidup manusia adalah untuk menjadi pengapdi kepada allah dengan baik dengan taatserta patuh, dengan sendirinya tentu saja harus mengetahui dengan jelas mana yang diperintahkan dan mana yang dilarang serta yang dibenci oleh Allah SWT. Dan ini merupakan menifestasi atau perujudan dari ketaqwaan seseorang, dan secara inpelisif pula terkandung makna dan sekaligus ciri dari pada insan- insan yang berkeperidian muslim, hal inilah menjadi arah tujuan pendidikan Islam.
Dalam kaitan inilah pendidikan Is;lammemaikan peranan penting, oleh karena arah dan sasaran pendidikan Islam tidak tertuju kepada pembentukan kemampuan akal saja, akan tetapi juga membentuk sistem kerja bagian jiwa itu sesuai dengan yang dikehendaki Allah. Bahkan pendidikan islam berusaha membentuk kemampuan, mewujudkan, serta mengaktualisasikan isi jiwa kedalam bentuk cara bicara dengan baik dan benar, sifat dan perangai yang sopan dan baik.
Oleh karena itu pendidikan Islam tidak hanya memberikan pengajaran yang bersifat teoritis semata akan tetapi berusaha memberikan pengelaman- pengalaman hidup kepada anak didik. Sehingga anak didik mampu dan sanggup melaksanakannya kedam praktek hidup sehari- hari baik selaku individu maupun sebagai anggota masyarakat.
Dengan demikian jelas bagi kita akan peranan pendidikan Islam dalam mendidik dan membentuk manusia seutuhnya. Dlam perananya pendidikan Islam yang merupakan sub sistem pendidikan nasioanal adalah berusaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi pendidikan Islam adalam modal kultural bagi pembangunan manusia seutuhnya serta bagi pendidikan Islam itu kita kembangkan, pengembangannya tentu saja menjadi tanggung jawab kita semua termasuk pemuda dan pelajarnya.


[1] Departemen Agama Ri, Al-Qur'an dan Terjemahannya. (Jakarta; Departemen Agama RI, 1984-1985), h. 862

0 komentar :

Post a Comment