PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL

Friday 7 March 2014

PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL




Pendidikan Islam nonformal adalah semua bentuk pendidikan Islam yang dilaksanakan dengan sengaja, tertib dan terencana yang berlangsung dalam lingkungan masyarakat, dan yang bertanggungjawab adalah para ulama, uztads, muballigh dan pemuka-pemuka Islam lainnya, serta tokoh masyarakat dan pimpinan-pimpinan organisasi.
Pelaksanaan pendidikan dalam masyarakat dapat berlangsung kapan dan di mana saja dengan berbagai bentuk dan model penyajiannya, seperti penyuluhan dan bimbingan keagamaan, pengajian-pengajian, seminar-seminar, diskusi, majelis taklim dan lain sebagainya, yang peranannya sangat besar dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai ajaran Islam.
Di samping, tanggung jawab tokoh agama, dan tokoh masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan Islam di tengah-tengah masyrakat, juga setiap individu mempunyai peranan yang signifikan dalam pelaksanaan pendidikan Islam, sebab ajaran Islam menyuruh umatnya memperbiki diri pribadinya terlebih dahulu, kemudian menyampaikan kepada orang lain. Oleh karena itu, setiap individu harus mampu mencegah dirinya dari hal-hal yang mungkar, kemudian mengajak orang lain untuk berbuat baik (ma’ruf).
Dari uraian tersebut, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan Islam, baik formal, nonformal dan informal mempunyai andil dan peranan yang sangat penting dalam pembinaan umat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai ajaran-ajaran Islam, baik secara pribadi, kelompok maupun dalam hidup bermasyarakat dalam rangka mengabdikan diri kepada Allah Swt. sebagai tujuan akhir dari pendidikan Islam itu sendiri.

1 comment :