RENCANA KERJA MINGGUAN (RKM)

Friday 26 April 2013

RENCANA KERJA MINGGUAN (RKM)



Rencana kegiatan mingguan (RKM) merupakan perencanaan kegiatan yang lebih rinci yang merupakan perencanaan jangka pendek. Rencana kegiatan mingguan adalah rancangan kegiatan selama satu minggu yang merupakan penjabaran kegiatan pengembangan program tahunan dan program semester. Pada semester I terdapat 17 minggu efektif yang berarti bahwa terdapat 17 rencana kegiatan mingguan dengan 5 tema dan 17 sub tema yang akan dikembangkan.

            Dalam pengembangan RKM dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: dalam bentuk maktiks yaitu dengan membuat matriks yang berisi daftar hari dalam seminggu secara menurun, dan daftar kegiatan yang diangkat dari indikator seluruh bidang pengembangan secara mendatar, atau dengan cara kedua yaitu membuat jaring laba-laba (spider web), yaitu skema visual yang menggambarkan hubungan antara tema dengan kegiatan dari seluruh bidang pengembangan pada minggu yang bersangkutan (Nugraha, 2008:11.26). Pada pengembangan ini, peneliti memilih pengembangan RKM model matriks karena kegiatan yang akan dilakukan setiap hari dalam seminggu lebih jelas dengan indikator capaian yang akan diperoleh. Dalam pengembangan ini model matriks yang dilakukan dimodifikasi sehingga tergambar jenis permainan kreatif yang akan dilakukan setiap harinya dalam seminggu sehingga memudahkan tutor dalam melakukan kegiatan persiapan pembelajaran.
            RKM yang dikembangkan mencantumkan tema, sub tema, semester, minggu, hari, bidang pengembangan yang meliputi: Nilai-nilai agama dan moral, Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial emosional serta jenis permaina kreatif.

0 komentar :

Post a Comment