PROGRAM TAHUNAN
Program tahunan yang dikembangkan dalam kurikulum permainan kreatif ini mencakup aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, sosial emosional dan kemandirian, fisik, kognitif, dan bahasa.
Aspek perkembangan nilai-nilai agama dan
moral terdiri atas enam tingkat pencapaian perkembangan yang dikembangkan
menjadi sepuluh capaian perkembangan yaitu meliputi: (1) mengenal macam-macam
agama, (2) mengenal tempat-tempat ibadah, (3) mengenal kitab suci agama yang
dianut, (4) terbiasa melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakinan, (5)
terbiasa berperilaku sopan santun, (6) terbiasa berperilaku saling hormat
menghormati, (7) memiliki perilaku mulia, (8) membedakan perilaku baik dan
buruk, (9) mengenal ritual dan hari besar agama, dan (10) menghormati agama orang lain.
Aspek perkembangan sosial emosional dan
kemandirian terdiri atas sembilan tingkat capaian perkembangan yang meliputi:
(1) bersikap kooperatif dengan teman, (2) menunjukkan sikap toleran, (3)
mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih,
antusias dsb), (4) mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai
sosial budaya setempat, (5) memahami peraturan, (6) menunjukkan rasa empati, (7)
memiliki sikap gigi (tidak mudah menyerah), (8) bangga terhadap hasil karya sendiri,
dan (9) menghargai keunggulan orang lain.
Aspek perkembangan fisik terdiri atas
tiga sub bagian yaitu: motorik kasar, motorik halus, dan kesehatan fisik.
Motorik kasar terdiri atas lima tingkat pencapaian perkembangan yaitu: (1)
menirukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan,
keseimbangan dan kelincahan, (2) melakukan koordinasi kaki-tangan-kepala dalam
melakukan tarian/senam, (3) melakukan permainan fisik dengan lentur, (4)
terampil menggunakan tangan kanan dan kiri, dan (5) melakukan kegiatan kebersihan
diri. Motorik halus terdisi atas delapan capaian perkembangan yaitu: (1) menggambar sesuai gagasannya, (2)
meniru bentuk, (3) menciptakan sesuatu dengan berbagai media, (4) bereksplorasi
dengan berbagai media, (5) menggunakan alat tulis dengan benar, (6) menggunting
sesuai dengan pola, (7) menempel gambar dengan tepat, dan (8) mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara detail. Kesehatan fisik terdiri atas
tiga capaian perkembangan yaitu: (1) memiliki kesesuaian antara usia dan berat
badan, (2) memiliki kesesuaian antara usia dan tinggi badan, dan (3) memiliki
kesesuaian antara tinggi dan berat badan.
Aspek kognitif terdiri atas tiga sub
bagian yaitu: pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran dan
pola, dan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf. Pengetahuan umum dan
sains terdiri atas enam capaian perkembangan yaitu: (1) mengklasifikasi benda
berdasarkan fungsi, (2) menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan
menyelidik, (3) membuat perencanaan kegiatan yang akan dilakukan,(4) mengenal
sebab akibat tentang lingkungannya, (5) menunjukkan inisiatif
dalam memilih tema permainan, dan (6) memecahkan masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-hari. Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola terdiri atas lima
capaian perkembangan yaitu:(1) mengenal perbedaan berdasarkan ukuran,
mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran, (3)
mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok
yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebih dari dua variasi, (4)
mengenal pola ABCD-ABCD, dan (5) menggunakan benda berdasarkan ukuran yang
paling besar atau sebaliknya. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
terdiri atas tiga capaian perkembangan yaitu: (1) menyebutkan lambang bilangan
1-10, (2) mencocokkan bilangan dengan
lambang bilangan, dan (3) mengenal berbagai macam lambang, huruf vocal dan
konsonan.
Aspek bahasa terdiri atas tiga sub
bagian yaitu: menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan. Menerima
bahasa terdiri atas tiga capaian perkembangan yaitu: (1) mengerti beberapa
perintah secara bersamaan,
(2) mengulang kalimat yang lebih kompleks, dan (3) memahami aturan dalam
suatu permainan. Mengungkapkan bahasa terdiri atas enam capaian perkembangan
yaitu: (1) menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, (2) menyebutkan kelompok
gambar yang memiliki bunyi yang sama, (3) berkomunikasi secara lisan, memiliki
perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, (4) menyusun kalimat sederhana dalam
struktur lengkap, (5) memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide
pada orang lain, dan (6) melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah
diperdengarkan. Keaksaraan terdiri atas enam capaian perkembangan yaitu: (1)
menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, (2) mengenal suara huruf awal
dari nama benda-benda yang ada disekitarnya, (3) menyebutkan kelompok gambar
yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama,
(4) memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, (5) membaca nama
sendiri, dan (6) menuliskan nama sendiri.
Setiap capaian perkembangan dikembangkan
lagi menjadi beberapa indikator-indikator. Terdapat 194 indikator yang
dikembangkan dalam lima aspek perkembangan. Untuk aspek nilai-nilai agama dan
moral 32 indikator, aspek sosial emosional dan kemandirian 29 indikator, aspek
kognitif 36 indikator, aspek fisik 55 indikator, dan aspek bahasa 42 indikator.
Penentuan tema dalam program tahunan
terdiri atas 11 tema yang dibagi menjadi dua semester yaitu lima tema pada
semester I dan enam tema pada semester II. Pemilihan tema disesuaikan dengan
tingkat kedekatan dengan lingkungan anak didik. Untuk semester I terdiri atas
tema: diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman. Semester
II terdiri atas enam tema yaitu: rekreasi, pekerjaan, air, udara dan api, alat
komunikasi, tanah airku, alam semesta.
0 komentar :
Post a Comment