PROGRAM TAHUNAN

Friday 26 April 2013

PROGRAM TAHUNAN


           Program tahunan yang dikembangkan dalam kurikulum permainan kreatif ini mencakup aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, sosial emosional dan kemandirian, fisik, kognitif, dan bahasa.
Aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral terdiri atas enam tingkat pencapaian perkembangan yang dikembangkan menjadi sepuluh capaian perkembangan yaitu meliputi: (1) mengenal macam-macam agama, (2) mengenal tempat-tempat ibadah, (3) mengenal kitab suci agama yang dianut, (4) terbiasa melakukan ibadah sesuai aturan menurut keyakinan, (5) terbiasa berperilaku sopan santun, (6) terbiasa berperilaku saling hormat menghormati, (7) memiliki perilaku mulia, (8) membedakan perilaku baik dan buruk, (9) mengenal ritual dan hari besar agama, dan  (10) menghormati agama orang lain.
Aspek perkembangan sosial emosional dan kemandirian terdiri atas sembilan tingkat capaian perkembangan yang meliputi: (1) bersikap kooperatif dengan teman, (2) menunjukkan sikap toleran, (3) mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dsb), (4) mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat, (5) memahami peraturan,           (6) menunjukkan rasa empati, (7) memiliki sikap gigi (tidak mudah menyerah),       (8) bangga terhadap hasil karya sendiri, dan (9) menghargai keunggulan orang lain. 
Aspek perkembangan fisik terdiri atas tiga sub bagian yaitu: motorik kasar, motorik halus, dan kesehatan fisik. Motorik kasar terdiri atas lima tingkat pencapaian perkembangan yaitu: (1) menirukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan, (2) melakukan koordinasi kaki-tangan-kepala dalam melakukan tarian/senam, (3) melakukan permainan fisik dengan lentur, (4) terampil menggunakan tangan kanan dan kiri, dan (5) melakukan kegiatan kebersihan diri. Motorik halus terdisi atas delapan capaian perkembangan yaitu:      (1) menggambar sesuai gagasannya, (2) meniru bentuk, (3) menciptakan sesuatu dengan berbagai media, (4) bereksplorasi dengan berbagai media, (5) menggunakan alat tulis dengan benar, (6) menggunting sesuai dengan pola, (7) menempel gambar dengan tepat, dan (8) mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail. Kesehatan fisik terdiri atas tiga capaian perkembangan yaitu: (1) memiliki kesesuaian antara usia dan berat badan, (2) memiliki kesesuaian antara usia dan tinggi badan, dan (3) memiliki kesesuaian antara tinggi dan berat badan.
Aspek kognitif terdiri atas tiga sub bagian yaitu: pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, dan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf. Pengetahuan umum dan sains terdiri atas enam capaian perkembangan yaitu: (1) mengklasifikasi benda berdasarkan fungsi, (2) menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik, (3) membuat perencanaan kegiatan yang akan dilakukan,(4) mengenal sebab akibat tentang lingkungannya,                   (5) menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan, dan (6) memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola terdiri atas lima capaian perkembangan yaitu:(1) mengenal perbedaan berdasarkan ukuran, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran, (3) mengklasifikasikan benda lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok berpasangan yang lebih dari dua variasi, (4) mengenal pola ABCD-ABCD, dan (5) menggunakan benda berdasarkan ukuran yang paling besar atau sebaliknya. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf terdiri atas tiga capaian perkembangan yaitu: (1) menyebutkan lambang bilangan 1-10, (2) mencocokkan  bilangan dengan lambang bilangan, dan (3) mengenal berbagai macam lambang, huruf vocal dan konsonan.
Aspek bahasa terdiri atas tiga sub bagian yaitu: menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan. Menerima bahasa terdiri atas tiga capaian perkembangan yaitu: (1) mengerti beberapa perintah secara bersamaan,                    (2) mengulang kalimat yang lebih kompleks, dan (3) memahami aturan dalam suatu permainan. Mengungkapkan bahasa terdiri atas enam capaian perkembangan yaitu: (1) menjawab pertanyaan yang lebih kompleks, (2) menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama, (3) berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca,        (4) menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, (5) memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain, dan (6) melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan. Keaksaraan terdiri atas enam capaian perkembangan yaitu: (1) menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal,                (2) mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya,             (3) menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama,     (4) memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, (5) membaca nama sendiri, dan (6) menuliskan nama sendiri.
Setiap capaian perkembangan dikembangkan lagi menjadi beberapa indikator-indikator. Terdapat 194 indikator yang dikembangkan dalam lima aspek perkembangan. Untuk aspek nilai-nilai agama dan moral 32 indikator, aspek sosial emosional dan kemandirian 29 indikator, aspek kognitif 36 indikator, aspek fisik 55 indikator, dan aspek bahasa 42 indikator.
Penentuan tema dalam program tahunan terdiri atas 11 tema yang dibagi menjadi dua semester yaitu lima tema pada semester I dan enam tema pada semester II. Pemilihan tema disesuaikan dengan tingkat kedekatan dengan lingkungan anak didik. Untuk semester I terdiri atas tema: diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman. Semester II terdiri atas enam tema yaitu: rekreasi, pekerjaan, air, udara dan api, alat komunikasi, tanah airku, alam semesta.

0 komentar :

Post a Comment